Uang Baru

Uang Baru dan Para Pahlawan di Dalamnya

Uang kini menjadi hal yang sangat penting dalam melakukan segala transaksi, misal untuk pinjaman dana cepat. Semakin berkembangnya zaman, sistem perdagangan menjadi lebih kompleks sehingga uang tidak hanya digunakan sebagai alat tukar saja, tetapi sebagai media investasi, dan berbagai hal lainnya. Bagi Anda yang tinggal di Indonesia tentunya tahu jika pemerintah kini mengeluarkan uang baru yang memiliki desain lebih rumit dan lebih sulit dipalsukan.

Ya, mengingat peran uang kini semakin kompleks, banyak oknum yang tidak bertanggungjawab memalsukan uang untuk kepentingannya sendiri. Untuk mencegah uang dapat ditiru dengan mudah, negara di seluruh belahan dunia selalu mengembangkan teknologi mutakhir untuk menciptakan uang yang memiliki desain serta bahan yang sangat kompleks sehingga tidak mudah atau bahkan mustahil untuk dipalsukan.

Gambar uang baru sudah diedarkan saat uang dengan desain baru mulai beredar. Berbagai media sosial dan elektronik turut menyebarkan berita tersebut. Tidak ketinggalan juga media cetak dan media pemberitaan lainnya. Hal ini sebagai media sosialisasi dan menghindari kebingungan masyarakat. Untuk membedakan nominal uang baru 2017, seperti mata uang yang beredar sebelumnya, penggunaan warna yang berbeda dilakukan. Tidak ada perubahan warna yang cukup berarti dengan warna mata uang sebelumnya. Hanya saja, untuk yang belum terbiasa, kadang masih tertukar antara warna uang untuk nominal 2000 dengan mata uang dengan nominal 20.000 karena warnanya cenderung mirip walaupun jika sudah terbiasa, sangat mudah untuk dibedakan.

Baca Juga: Solusi Pinjaman di Koperasi Simpan Pinjam

Dalam mata uang Indonesia, sudah menjadi kebiasaan untuk menampilkan kekayaan budaya, keindahan pemandangan, serta gambar tokoh pahlawan di dalamnya. Beberapa tokoh dan pahlawan sudah pernah muncul dalam mata uang baik mata uang koin maupun kertas. Mata uang baru Rupiah ini juga memuat pahlawan dan tokoh baru. Selain itu, ada pula pemandangan dan daerah baru yang dituangkan keindahannya pada mata uang baru tersebut.

Uang Baru dan Para Pahlawan di Dalamnya

Nah, kira-kira siapa saja yang pahlawan yang terpampang di uang baru Rupiah? Nah, jawabannya yang pertama adalah bapak proklamator kita yaitu Ir Soekarno dan Moh. Hatta yang terpampang pada mata uang dengan nominal 100.000. Selanjutnya ada pahlawan Ir. DjuAnda yang merupakan salah satu pahlawan nasional kita yang gambarnya tertera mata uang dengan nominal 50.000. Sam Ratulangi tertera pada mata uang dengan nominal 20.000. Untuk mata uang 10.000 ada pahlawan era kemerdekaan yaitu Frans Kaisiepo. Pada pecahan 5.000, terdapat gambar Idham Chalid, seorang pahlawan dari pulau borneo Kalimantan. Selanjutnya pada pecahan 2.000, ada Moh.

Hesni Thamrin yang masuk dalam jajaran pahlawan era perintis kemerdekaan. Terakhir uang baru 1000 kertas memiliki gambar pahlawan wanita terkenal Cut Meutia. Untuk uang logam, ada I Gusti Ketut Praja pada nominal 1.000, TB Simatupang pada nominal 500, Ki Hajar Dewantara pada nominal 200, dan Herman Johannes pada nominal 100.

Pernahkah Anda memperhatikan para pahlawan yang ada pada mata uang yang Anda pegang? Menjadi peka mungkin perlu untuk menghormati jasa mereka yang telah berjuang ya. Uang baru selalu menjadi berita hangat dan membuat penasaran. Hal ini karena tiap uang baru biasanya akan memiliki desain yang baru nan unik yang membuat penggunanya merasa tertarik.

Tidak hanya desain, uang juga menjadi hal yang menarik karena dengan uang kita bisa melakukan banyak hal termasuk sebagai modal membuka usaha. Nah, masalah mencari modal untuk membuka usaha tidak perlu Anda khawatirkan karena kini ada situs peminjaman uang yang terpercaya. Monily.id dapat Anda jadikan sebagai salah satu alternatif terpercaya yang siap membantu Anda dalam masalah permodalan usaha.