Tempat Meminjam Uang

Pilihan Tempat Meminjam Uang Tanpa Jaminan

Di zaman serba modern seperti sekarang ini, segala urusan manusia bisa dijalankan dengan lebih mudah berkat perkembangan teknologi. Tak terkecuali dalam urusan mencari tempat meminjam uang tanpa jaminan. Apalagi dengan kebutuhan sehari-hari yang semakin beragam serta harga dari barang kebutuhan pokok yang kian melonjak, membuat kita seringkali kewalahan dalam memenuhinya. Belum lagi kebutuhan-kebutuhan lain yang sifatnya mendadak serta tak dapat diprediksikan kapan datangnya, seperti kebutuhan akan pemenuhan layanan kesehatan. Meminjam uang kerap akan dijadikan pilihan dalam memenuhi kebutuhan mendadak atau kebutuhan yang hendak dijadikan sebagai sumber investasi. Pilihan tempat peminjaman ini pun cukup beragam.

Pinjaman dana tunai dapat diperoleh salah satunya dari lembaga keuangan seperti bank. Lembaga satu ini telah banyak digunakan sebagai pilihan pertama tempat peminjaman uang. Apalagi karena sekarang hampir semua bank telah menyediakan produk KTA yaitu Kredit Tanpa Agunan, yaitu produk pinjaman yang tidak mengharuskan nasabah dalam menyerahkan barang apapun sebagai jaminan. Nasabah tak perlu khawatir memikirkan barang berharga miliknya yang dijaminkan akan disita apabila tak dapat melunasi pinjaman sesuai jangka waktu yang ditetapkan. Prosesnya lebih sederhana serta dana akan dapat cair dalam waktu yang lebih singkat. Aneka faktor inilah yang membuat pinjaman KTA menjadi layanan terpopuler di beberapa bank swasta.

Pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair juga bisa didapatkan di lembaga lain seperti koperasi. Namun, untuk mendapat pinjaman di koperasi ini biasanya kita harus menjadi anggota tetap koperasi tersebut selama beberapa waktu. Jika tidak, maka kita tak akan dapat mengajukan pinjaman. Besaran pinjaman di koperasi juga terbatas karena hanya melayani angka kecil, antara Rp1 juta hingga Rp5 juta saja. Pinjaman koperasi adalah pinjaman yang tepat untuk kita yang membutuhkan dana cepat dalam jumlah terbatas, misalnya untuk kebutuhan mendadak ataupun modal usaha kecil hingga menengah. Tenor atau jangka waktu pinjaman juga terbilang singkat dengan bunga yang cukup kecil. Pinjaman koperasi terutama akan sangat meringankan para anggotanya yang membutuhkan dana cepat.

Pilihan tempat meminjam uang tanpa jaminan lainnya ialah meminjam uang pada perusahaan, terutama apabila memang perusahaan tempat kita bekerja menyediakan layanan pinjaman dana seperti ini. Untuk pembayarannya biasanya akan langsung dipotong dari gaji bulanan. Umumnya takkan ada barang jaminan yang harus diserahkan sehingga pinjaman ini akan sangat aman dan memudahkan karyawan. Tidak semua perusahaan menyediakan layanan seperti ini sehingga bagi kita yang bekerja di perusahaan tanpa layanan serupa, maka kita takkan bisa memanfaatkannya. Aplikasi pengajuan pinjaman umumnya akan mensyaratkan aneka dokumen tertentu yang harus dilengkapi, mulai dari slip gaji, fotokopi KTP, fotokopi KK, NPWP hingga rekening koran selama 3 bulan terakhir.

Banyak tempat cari pinjaman tanpa jaminan yang dapat kita manfaatkan terutama dalam keadaan terdesak. Seiring perkembangan zaman, kini kita juga bisa menemukan tempat peminjaman uang secara online. Dokumen yang harus dilengkapi juga terbilang sangat sederhana, yaitu hanya fotokopi KTP saja. Tempat peminjaman uang tanpa jaminan untuk mahasiswa ini akan cocok dijadikan tempat mendapat uang tunai secara singkat dan sederhana untuk berbagai keperluan mendadak. Yang perlu diperhatikan dari peminjaman uang secara online ialah tenor yang lebih singkat serta besaran bunga yang terbilang tinggi. Hal ini dikarenakan tak ada barang jaminan yang diserahkan sehingga pihak peminjam tentu harus meminimalisir kerugian seefektif mungkin.