Solusi Penyedia Dana Darurat

Solusi Penyedia Dana Darurat Selain Tempat Pinjam Uang Rentenir

Masalah keuangan tidak jarang membuat pusing banyak masyarakat. Masalah ini bisa muncul dengan beraneka ragam latar belakang mulai dari musibah, kurangnya penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hingga adanya kebutuhan tertentu yang harus dipenuhi dengan segera tanpa memiliki cadangan dana sebelumnya. Apabila ada masalah yang datang tentu mau tidak mau harus dicarikan solusinya segera agar kehidupan bisa kembali berjalan normal. Ketika masalah keuangan datang, tak jarang ada masyarakat yang gelap mata dan menginginkan solusi pinjam uang yang cepat dengan mendatangi tempat pinjam uang rentenir.

Mengambil solusi pinjam uang dengan meminjam pada rentenir sebaiknya tidak dilakukan karena alih-alih mengatasi masalah keuangan yang sedang dialami, meminjam dana ke rentenir justru dapat menciptakan masalah lain yang lebih besar di kemudian hari. Mencari solusi dari masalah keuangan harus dilakukan dengan  benar dan penuh pertimbangan karena masalah yang terkait uang merupakan hal yang cukup penting dan mempengaruhi kehidupan secara umum.

Cari pinjaman cepat dengan mendatangi rentenir memang jelas bukan pilihan yang tepat untuk solusi masalah Anda. Rentenir memang menawarkan berbagai kemudahan peminjaman di awal yang membuat banyak calon korbannya tergiur untuk mendapatkan solusi yang mudah atas permasalahan mereka. Akan tetapi, pada akhirnya para rentenir ini justru akan memeras para korbannya yang justru membuat para peminjam mengalami masalah keuangan yang justru bisa lebih besar dari masalah yang sebelumnya diatasi dengan uang pinjaman rentenir. Berikut ini beberapa alasan mengapa Anda sebaiknya tidak mendatangi rentenir:

  • Bunga yang dibebankan tidak masuk akal

Sudah bukan rahasia lagi jika bunga yang diberikan oleh para rentenir ini memang selangit. Para penyedia jasa pinjam uang rentenir umumnya menetepkan nilai bunga yang sangat tinggi bahkan bisa mencapai 30%. Nominal bunga ini tentu sangat tidak masuk akal karena peminjam bahkan bisa sampai harus mengembalikan hingga 2 kali lipat dari nominal yang dipinjam sebelumnya. Kesemena-menaan ini terjadi karena para rentenir biasanya tidak dinaungi oleh lembaga pembiayaan yang resmi sehingga mereka bisa membuat aturan sesuka hati.

  • Jangka waktu pembayaran yang diberikan sangat singkat

Selain bunga yang tidak wajar, tempat pinjam uang cepat melalui rentenir juga biasanya menetapkan aturan jangka waktu pengembalian yang sangat singkat. Aturan tersebut memang sudah dibuat sedemikian rupa agar pihak rentenir segera memperoleh keuntungan dari memberikan pinjaman dana pada kliennya. Apabila Anda meminjam uang dalam jumlah yang cukup besar maka ada risiko tidak dapat mengembalikan sesuai waktu jatuh tempo yang diberikan. Hal ini lah yang kemudian banyak menyebabkan para korban rentenir melakukan tindakan ‘gali lubang tutup lubang’ dengan meminjam uang di tempat lain untuk membayar hutang rentenir dan terjadi begitu seterusnya.

  • Sistem yang diterapkan licik dan merugikan peminjam

Hampir jarang ditemui orang yang merasa puas dan mendapatkan kemudahan setelah meminjam pada rentenir. Hampir semua justru merasa semakin sulit karena sistem serta aturan yang ada dibuat sedemikian rupa dengan licik untuk menguntungkan pihak rentenir. Pihak rentenir biasanya meminjamkan dana tanpa adanya perjanjian tertulis yang resmi, hal inilah yang membuat para peminjam tidak memiliki kekuatan hukum untuk menuntut pihak rentenir apabila mereka sudah merugikan dan memeras para korbannya.

Baca Juga: Langkah-Langkah Melakukan Pinjaman Tunai Online

Berdasarkan alasan tersebut Anda perlu cari pinjaman uang pribadi di tempat lain yang lebih aman dan aturannya jelas. Hindari meminjam di lembaga ilegal karena keamanan Anda sebagai peminjam juga dipertaruhkan. Sebagai solusi permasalahan keuangan Anda saat ini telah tersedia jasa peminjaman dana online yang syaratnya serta prosesnya mudah. Di Monily.id Anda bisa memperoleh dana pinjaman dengan proses yang cepat dan sistem pinjaman yang jelas.