Bentuk Produk Bank

Inilah Bentuk Produk Bank yang Digunakan oleh Masyarakat

Fungsi bank pada awalnya hanya sebagai wadah penyimpan tabungan, namun sekarang sudah banyak produk bank dalam bentuk beberapa macam layanan keuangan masyarakat termasuk asuransi dan pelayanan pinjaman dana hingga di pedesaan. Peran bank terhadap pendapatan negara pun sangat berpengaruh.

Bahkan, sekarang ini hampir semua jenis transaksi segala bidang diproses melalui bank, misalnya, membayar uang kuliah, membayar biaya rumah sakit, membayar umroh, kurban, dana asuransi, dan dalam bentuk yang paling sederhana adalah transaksi pembayaran pembelian suatu barang, jalan tol, dan BBM. Adapun pelayanan yang fungsinya untuk mensejahterakan pengusaha UKM kecil dengan pinjaman modal dan jenis tabungan yang berbeda. Apa saja produknya? Simak di bawah ini.

Produk Bank yang Digunakan oleh Masyarakat

  1. Jenis produk bank yang satu ini adalah yang paling banyak digunakan oleh masyarakat bahkan hampir setiap orang dewasa memiliki tabungan di bank. Tabungan adala produk yang dikeluarkan oleh bank yang ada di Indonesia dengan fungsi memberikan pelayanan keamanan menyimpan uang. Produk tabungan yang dikeluarkan oleh bank saat ini pun sudah beragam, seperti tabungan haji, tabungan bisnis, dan lain-lain. Biasanya Anda ditawari untuk membuat kartu ATM atau tidak agar Anda bisa menikmati layanan bank tanpa perlu antre di bank.
  2. Jenis produk perbankan ini hampir sama dengan tabungan namun sedikit berbeda karena giro diperuntukkan oleh suatu badan usaha dan penarikan uang tunai dicairkan hanya menggunakan cek dan bilyet giro saja. Adanya NPWP juga wajib disertakan saat mendaftar tabungan giro.
  3. Produk bank umum yang satu ini tidak kalah eksis di masyarakat dan bahkan menjadi ajang bisnis uang. Bunga yang lebih besar daripada tabungan yaitu hingga mencapai 7% per tahunnya menjadikan sebagian masyarakat lebih tertarik menyimpan uang mereka dengan cara deposit meski ada berapa peraturan penarikan dan penalty yang harus dipatuhi. Anda tetap harus mempertimbangkan berbagai aspek agar tidak merasa rugi telah menabung dengan cara deposit, apalagi apabila Anda memiliki kebutuan yang cukup mendesak dan ingin menarik uang tunai dengan segera.
  4. Produk bank konvensional yang ini biasanya untuk membantu pembayaran secara kredit dengan jaminan lengkap termasuk jaminan asuransi. Penagihan biaya kredit biasanya ditentukan dan disepakati bersama baik waktu, tambahan biaya admin, dan cara pembayarannya. Produk kredit biasanya akan dilengkapi dengan fasilitas kartu kredit dengan yang biasa hingga jenis kartu kredit VIP. Akan tetapi, Anda harus bijak dan menggunakan kartu kredit dengan seperlunya saja.
  5. Layanan non teller. Produk ini awam dikenal dalam bentuk ATM, mobile dan sms banking, dan internet banking. Anda bisa melakukan transaksi dengan mudah dan lebih cepat.

Pinjaman dana cepat memang akan selalu menjadi solusi terbaik bagi yang membutuhkan. Namun, seringkali apabila ingin meminjam dana membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan harus menyerahkan proposal. Namun, Anda tidak perlu pusing akan hal itu lagi karena Monily.id akan menemukan pemberi dana dan menghubungkannya dengan Anda dengan sangat cepat dan tidak ribet.

Baca Juga: Masyarakat Wajib Tahu! Kebijakan Fiskal Ternyata Seperti Ini

Apalagi, saat Anda dalam keadaan terdesak dan segera harus mendapatkan sejumlah uang tunai untuk kebutuhan Anda. Pengesahan dan persetujuan pinjaman dana berdasarkan permasalahan yang dialami akan direspon dengan hitungan menit tanpa harus menunggu beberapa hari. Anda bisa berkonsultasi masalah alasan kekurangan dana secara online dan mengetahui infonya melalui website resmi Monily.id Indonesia.