Pinjaman Uang Teman Alternatif

Pinjaman Uang Teman Alternatif Kebutuhan Sehari-Hari

Mengajukan pinjaman uang teman alternatif bisa jadi pilihan jalan keluar saat kita membutuhkan dana secara cepat dalam jumlah tertentu. Meminjam pada teman takkan dikenai bunga ataupun biaya-biaya lain sebagaimana apabila kita mengajukan pinjaman pada lembaga seperti bank, koperasi, pegadaian dan lain-lain. Namun demikian, pinjaman harus tetap dilunasi dalam jangka waktu yang telah ditetapkan sebelumnya. Jika tidak, hubungan pertemanan bisa jadi akan renggang atau bahkan rusak. Alternatif lain yang dapat diambil untuk memperoleh pinjaman dana adalah melalui beberapa lembaga keuangan. Sebagai contoh adalah bank, koperasi, pegadaian sampai dengan peminjaman uang secara online. Kita bisa pilih salah satunya yang terbilang paling nyaman.

Peminjaman dana di bank bisa jadi adalah yang paling umum dan populer. Seringkali, meminjam dana di bank akan dijadikan pilihan pertama saat kita membutuhkan sejumlah dana secara cepat. Pinjaman di bank terdiri dari pinjaman konvensional yang mengharuskan kita untuk menjaminkan barang, serta pinjaman tanpa jaminan yang tidak mengharuskan kita memberi barang jaminan. Selain itu ada pula KPR khusus untuk pembelian rumah. Peminjaman dana di bank biasanya akan dilakukan pada bank yang memang kita gunakan sebagai tempat penyimpanan uang atau kita memiliki rekening di bank tersebut. Hal ini akan memudahkan pengecekan kredit nasabah serta memperbesar peluang diterimanya pengajuan pinjaman dana.

Koperasi juga seringkali jadi tempat memperoleh pinjaman dana. Hanya saja, pinjaman di koperasi biasanya akan dikhususkan hanya untuk anggota koperasi tersebut. Non anggota takkan diperbolehkan melakukan pinjaman, atau bisa saja meminjam namun dengan nominal di bawah anggota koperasi. Syarat-syaratnya terbilang sederhana, prosesnya cepat dan bunganya ringan. Meminjam dana di koperasi bisa jadi alternatif bagi kita yang bergabung dalam keanggotaan koperasi tertentu. Selain itu, ada lagi pegadaian. Khusus untuk pinjaman dana di pegadaian harus menggunakan barang jaminan tertentu. Biasanya, barang yang umum digadaikan di pegadaian adalah elektronik, gadget hingga surat-surat berharga. Peminjam yang tak dapat melunasi pinjamannya dalam jangka waktu tertentu, maka barang jaminannya akan disita.

Lembaga lain yang dapat kita manfaatkan sebagai tempat pinjaman dana cepat tanpa jaminan adalah Monily. Lembaga ini berbasis online sehingga dapat kita akses websitenya dari mana saja dan kapan saja untuk memperoleh pinjaman dana sejumlah yang diinginkan. Persyaratan yang dibutuhkan umumnya hanyalah fotokopi KTP saja. Pembayaran cicilan Monily dapat melalui ATM dan prosesnya terbilang mudah. Tak heran jika sekarang sudah banyak lembaga peminjaman uang berbasis online. Apalagi karena lembaga ini memanfaatkan teknologi sehingga terkesan modern serta up to date. Besaran dana yang dapat dipinjamkan pun beragam namun masih terbilang kecil sampai menengah, yaitu mulai dari 500 ribu Rupiah sampai 5 juta Rupiah. Kita bisa memanfaatkannya apabila butuh dana sejumlah tersebut untuk keperluan mendadak.

Baca juga: Pinjaman BRI Alternatif dan Secara Online

Peminjaman dana secara online dari Monily harus tetap memperhatikan aneka kekurangan yang menyertainya. Di antaranya adalah bunga yang besar, tenor yang singkat serta nominal yang lebih sedikit. Baik kelemahan maupun kelebihannya ini harus sama-sama kita pertimbangkan secara bijak sebelum mengajukan pinjaman di lembaga manapun. Hindari meminjam dana untuk kebutuhan yang bersifat konsumtif seperti untuk membeli gadget baru ataupun kebutuhan konsumtif lain yang tak terlalu penting. Melakukan peminjaman seperti ini berpotensi akan dapat menumpuk hutang kita ke depannya. Demikian adalah serba-serbi peminjaman dana secara online di Monily, terutama pinjaman dana cepat tanpa jaminan.