Pinjaman Uang Tanpa Riba

Pinjaman Uang Tanpa Riba, Keuntungan dan Pertimbangannya

Hal yang ditakutkan dalam meminjam uang di lembaga keuangan konvensional bagi muslim adalah riba. Riba adalah situasi peminjaman uang yang pembayaran pinjamannya berbunga atau dilebihkan yang ditentukan oleh lembaga keuangan tertentu secara sepihak. Pinjaman dengan sistem tersebut tidak diperbolehkan dalam Islam. Solusinya, kita dapat mencari pinjaman uang tanpa riba.

Mulai berkembangnya lembaga keuangan syariah menjadi salah satu solusi agar kita dapat meminjam uang dengan tenang tanpa terkena riba. Pinjaman dengan sistem syariah ini cukup menguntungkan karena kita tidak akan dikenakan bunga. Yang ada dalam akad pinjam meminjam uang adalah kesepakatan bersama mengenai waktu pembayaran pinjaman. Jika ada tambahan, tambahan tidak ditentukan secara sepihak namun, dengan persetujuan bersama sehingga tidak memberatkan dan memang ikhlas dalam melakukannya.

Pinjaman syariah memiliki beberapa keuntungan. Bagi Anda yang melakukan pinjaman jenis ini, Anda akan dimudahkan dengan adanya banyak keuntungan yang diberikan. Adapun kelebihan yang akan Anda dapatkan dengan melakukan pinjaman tanpa riba ini adalah sebagai berikut.

  1. Terbebas dari bunga

Pinjaman tanpa bunga akan Anda dapatkan jika Anda menggunakan pinjaman yang tidak melibatkan riba. Hal ini karena pinjaman tanpa riba tidak akan menekan kita dengan bunga tinggi yang diputuskan secara sepihak Anda. Anda pun dapat melakukan pinjaman dengan tenang tanpa memberatkan.

  1. Terbebas dari biaya administrasi

Melakukan pinjaman tanpa riba akan membuat Anda dapat melakukan pinjaman dengan mudah tanpa adanya potongan biaya administrasi. Sangat menguntungkan bukan?

  1. Jenis pinjaman juga beragam

Tidak hanya lembaga yang menggunakan bunga saja yang menyediakan produk pinjaman beragam, pinjaman tanpa riba pun memiliki banyak produk pinjaman yang ditawarkan. Pilihan yang ditawarkan biasanya dikelompokkan dalam dua kelompok besar, yaitu pinjaman usaha atau pinjaman yang dapat berkembang, serta pinjaman konsumtif atau pinjaman yang tidak berkembang. Anda bisa pilih jenis pinjaman sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Baca Juga: Inilah Bentuk Produk Bank yang Digunakan oleh Masyarakat

Pinjam uang tanpa bunga dapat menjadi solusi pinjaman tanpa riba. Nah, bagi Anda yang mencari kredit tanpa riba, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Hal ini agar Anda dapat memilih tempat peminjaman yang tepat. Adapun hal yang harus Anda perhatikan diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Jumlah uang yang ingin dipinjam

Hal yang harus Anda pertimbangkan pertama kali adalah berapa jumlah uang yang akan Anda pinjam. Kebutuhan manusia tidak ada habisnya, sehingga, kita perlu mengukur jumlah pinjaman tidak hanya berdasarkan kebutuhan saja, tetapi juga berdasarkan kemampuan membayar. Jangan sampai Anda meminjam uang dengan angsuran diluar kesanggupan. Hal tersebut tentunya akan sangat merugikan.

  1. Jenis pinjaman yang akan dilakukan

Hal kedua yang harus Anda perhatikan adalah jenis pinjaman yang Anda inginkan. Sebaiknya, Anda menghindari pinjaman yang bersifat konsumtif. Hal ini karena peminjaman uang untuk barang konsumtif tidak akan membuat uang pinjaman Anda berkembang. Lebih baik pinjam uang sesuai dengan kebutuhan untuk digunakan sebagai pinjaman produktif. Misalnya saja untuk modal usaha. Hal tersebut akan membuat usaha Anda semakin berkembang dan dapat memenuhi kebutuhan.

Monily.id dapat menjadi solusi Anda dalam meminjam uang yang tidak menggunakan metode riba. Sistem peminjaman uang secara online ini memiliki banyak produk pinjaman tanpa angunan yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Jangan lupa pertimbangkan alasan Anda dalam meminjam uang agar Anda tidak mengambil keputusan yang salah dalam meminjam uang dengan tanpa riba.