Pinjaman Tanpa Jaminan

Pinjaman Tanpa Jaminan Surabaya dan Sekitarnya

Kebutuhan akan dana yang semakin meningkat membuat orang-orang kerap harus memutar otak untuk mendapat lebih banyak uang. Salah satunya adalah melalui pinjaman tanpa jaminan Surabaya. Sesuai namanya, dalam pinjaman tanpa angunan, tidak akan ada barang apapun yang diserahkan pada lembaga peminjaman sebagai jaminan. Seperti kita tahu, umumnya pada peminjaman konvensional akan dibutuhkan barang jaminan atau agunan. Wujudnya beragam, mulai dari kendaraan bermotor, perhiasan emas sampai dengan aneka surat berharga seperti sertifikat tanah hingga BPKB. Namun, dalam pinjaman tanpa agunan, kita tak perlu menyerahkan barang jaminan apapun. Hal ini tentu membuat pinjaman tanpa agunan banyak disukai sebagai pilihan utama dalam mendapat dana secara cepat.

Walau lebih praktis dan terasa nyaman karena tak perlu memberi barang jaminan apapun, kita harus tetap memperhatikan dengan jelas tata cara hingga kekurangan dari pinjaman tanpa jaminan Surabaya. Pinjaman tanpa agunan biasanya akan mensyaratkan kelengkapan dokumen yang cukup sederhana, seperti:

  • fotokopi KTP
  • NPWP
  • slip gaji
  • hingga buku rekening tabungan apabila kita meminjam lewat bank.

Persyaratan dokumen untuk tiap lembaga bisa berbeda-beda. Peminjaman uang tanpa jaminan yang dilakukan secara online bahkan seringkali hanya mensyaratkan fotokopi KTP saja. Pahami dengan benar apa saja dokumen yang harus disiapkan agar pengajuan pinjaman dan pencairan dana bisa berlangsung lebih cepat.

Setelah menyiapkan semua berkas yang dibutuhkan, langkah berikutnya ialah mengajukan pinjaman pada lembaga yang dipilih. Ada banyak lembaga pinjaman tanpa jaminan Surabaya yang dapat kita pilih sebagai tempat peminjaman dana tanpa jaminan. Yang paling umum dan populer ialah bank. Selain bank, ada lagi koperasi, pegadaian sampai dengan lembaga peminjaman online. Tiap lembaga akan memiliki kekurangan serta kelebihannya masing-masing. Pilih hanya lembaga yang kredibel agar kita dapat melakukan peminjaman secara nyaman dan aman. Kita bisa memilih lembaga yang menawarkan bunga terendah agar pengembalian dana nantinya bisa semakin ringan. Ada baiknya apabila kita meminta rekomendasi dari teman atau saudara terkait lembaga yang terpercaya.

Baca Juga: Tata Cara Pinjaman Koperasi

Sebelum mengajukan pinjaman tanpa jaminan Surabaya, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu kekurangan dari pinjaman tanpa jaminan ini. Dalam pinjaman yang tidak disertai jaminan, biasanya bunga yang dibebankan akan lebih tinggi. Nominalnya lebih besar dibanding pinjaman dengan jaminan. Selain itu, tenornya lebih pendek di mana rata-rata hanya satu bulan saja. Pinjaman konvensional sendiri memiliki tenor hingga beberapa tahun lamanya. Selain itu, jumlah dana yang dipinjamkan juga lebih terbatas. Pinjaman tanpa jaminan rata-rata hanya menyediakan plafon hingga belasan juta rupiah. Hal ini tentu berbeda dibanding pinjaman konvensional yang memungkinkan kita untuk mendapat dana pinjaman sampai dengan ratusan juta rupiah.

Setelah memahami tata cara, kelebihan serta kekurangan pinjaman tanpa jaminan Surabaya, barulah kita bisa mengajukan pinjaman di lembaga tertentu yang telah dipilih. Jika pinjaman disetujui, dana akan langsung cair dalam waktu beberapa hari saja. Dana pinjaman yang didapat ini biasanya sudah dipotong biaya administrasi yang juga dibebankan pada peminjam. Pengembalian dana bisa melalui cicilan yang disertai bunga dalam besaran yang telah ditentukan sebelumnya. Untuk mempermudah proses peminjaman, kita dapat memanfaatkan lembaga peminjaman dana online. Sudah cukup banyak lembaga seperti ini yang ada di tengah masyarakat. Salah satunya adalah Monily.id di mana kita bisa mengajukan pinjaman hanya berbekal fotokopi KTP saja. Pinjaman tanpa jaminan adalah solusi untuk mendapat dana secara cepat dan mudah, terutama dalam keadaan mendesak.