Pinjaman Pribadi Bank dan Non-Bank

Pinjaman Pribadi Bank dan Non-Bank

Anda sedang mencari pinjaman pribadi baik itu dari bank maupun non-bank?

Berikut ini adalah syarat untuk mengajukan pinjaman pribadi dari bank dan non-bank.

Dalam kehidupan sehari-hari pasti Anda akan mengalami masalah. Baik itu yang bersifat emosional hingga berbagai masalah lain yang kerap dihadapi manusia. Jenis rintangan tersebut bisa membahayakan hidup Anda jika tidak diselesaikan dengan tepat.

Jika Anda salah mengambil langkah maka kondisi psikis Anda juga akan terganggu. Saat ada kebutuhan atau masalah yang menyangkut dengan finansial dan pada saat yang bersamaan pula kondisi finansial Anda tidak baik, maka jelas masalah Anda semakin memburuk.

Jika Anda tidak punya barang berharga seperti emas untuk dijadikan sebagai jaminan, maka mau tidak mau Anda butuh bank pinjaman pribadi atau pinjaman pribadi non-bank. Simak ulasannya berikut ini!

Sekarang sudah ada fasilitas layanan pinjaman tanpa jaminan. Dengan fasilitias ini, maka Anda tidak perlu bingung pada saat kehabisan uang atau membutuhkan uang dalam keadaan darurat.

Fasilitas ini akan memberikan Anda layanan untuk meminjam sejumlah uang tunai tanpa harus menyertakan jaminan terlebih dahulu. Anda juga bisa mengajukan pinjaman di berbagai lembaga keuangan baik bank ataupun non-bank.

Namun masih ada orang yang takut jika harus meminjam uang ke bank. Jika Anda adalah salah satu dari orang-orang tersebut, maka Anda bisa mempertimbangkan tempat pinjaman uang selain bank.

Pada dasarnya, cara meminjamnya pun tetap sama. Anda bisa mendapatkan pinjaman dana pribadi non-bank dengan jangka pendek dan jumlah yang relatif cukup untuk memenuhi kebutuhan mendedakan Anda. Biasanya lembaga keuangan non-bank akan memberikan nominal pinjaman sekitar 3 hingga Rp 5 Rupiah.

Walaupun begitu, Anda tetap harus bisa mempersiapkan persyaratan yang diminta oleh pihak lembaga non-bank tersebut agar apa yang Anda ajukan dapat diterima dan Anda juga bisa mendapatkan uang pinjaman itu dengan cepat.

Beberapa dokumen sebagai persyaratan untuk mendapatkan pinjaman dana tunai tanpa agunan non-bank adalah fotokopi KTP, fotokopi NPWP, fotokopi, Kartu Keluarga, surat keterangan kerja, dan slip gaji. Berikut ini kami sampaikan beberapa syarat dan prosedur khusus yang harus Anda penuhi untuk dapat mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) dengan cara online, yaitu:

  1. WNI

Syarat yang satu ini merupakan syarat pertama jika ingin mengajukan semua bentuk pinjaman, baik pinjaman tanpa jaminan non-bank tanpa kartu kredit sekalipun. Anda wajib seorang WNI yang dibuktikan dengan kartu identitias Anda berupa Kartu Tanda Penduduk.

  1. Batas usia

Selain wajib seorang WNI, Anda dapat melakukan pinjaman dengan usia minimal 21 tahun dan batas maksimal 60 tahun hingga saat pelunasan pinjaman Anda terjadi. Meski begitu, mungkin ada beberapa lembaga keuangan yang masih memberikan keringanan kepada calon peminjam yang berusia di bawah 21 tahun. Ada alasan mengapa calon peminjam harus minimal berumur 21 tahun yaitu karena umur tersebut dianggap sudah cukup dewasa dari segi finansial mupun pola pikir sehingga dapat mengerti dengan baik syarat dan ketentuan yang berlaku dalam melakukan pinjaman.

  1. Batas penghasilan

Batas penghasilan pun akan mementukan Anda dalam mengajukan pinjaman pribadi non-bank KTA ini. Hal ini mengacu pada kondisi ekonomi di daerah-daerah yang cukup berbeda. Sehingga, baik bank maupun non-bank akan memberlakukan penghasilan minimal setara UMR (Upah Minimum Regional) di daerah setempat.

  1. Batas pinjaman

Untuk jenis pinjaman non-bak khususnya jenis KTA, tempu pengembalian cicilan biasanya tidak terlalu lama, biasanya sekitar 15 hingga 30 hari. Dengan jumlah nominal yang sudah disebutkan di atas yaitu sekitar 3 hingga 5 juta Rupiah. Bunga yang dibebankan Anda pun juga cukup besar per hari yaitu 1% per hari. Jadi, Anda harus bisa membayarkan bunga sebesar 30% apabila Anda akan meminjman dana dengan jangka waktu 30 hari. Anda pun juga harus membayar biaya keterlambatan pembayaran jika terlambat membayar pinjaman sebesar Rp 50.000 untuk hari pertam dan Rp. 10.000 untuk hari selanjutnya.

Pertimbangan Sebelum Meminjam Dana Pribadi

  1. Pastikan bahwa lembaga non-bank tersebut sudah mempunyai izin usaha. Banyak kantor finansial yang buka, namun ada beberapa yang tidak dibekali dengan izin usaha sehingga jika terjadi sesuatu yang buruk, maka Anda tidak bisa menuntut lembaga tersebut.
  2. Jika Anda ngin melakukan pinjaman online seperti Monily pinjaman online, Anda harus tahu kantornya secara langsung. Sudah banyak website yang menawarkan pinjaman, namun bisa jadi mereka hanyalah penipu dan tidak mempunyai kantor resmi.
  3. Pahami syaarat dan ketentuan yang diberlakukan. Banyak orang yang masih menyepelekannya. Namun Anda harus membaca dengan seksama dan jangan asal tanda tangan perjanjian. Karena bisa jadi ada syarat yang tidak menguntungkan Anda.
  4. Tahu dengan betul bagaimana cara pelunasannya. Ada beberapa lembaga bank pinjaman pribadi yang tidak menerapkan angsuran atau cicilan dalam melunasi, malah langsung pembayaran secara tunai antara jumlah yang Anda pinjam dan ditambah dengan suku bunga.