Pinjaman Modal Usaha

Cara Cepat Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha dengan Plafon Tinggi

Pertumbuhan perekonomian Indonesia yang cukup pesat saat ini salah satunya dipengaruhi oleh makin menjamurnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau disingkat UMKM.

Tidak hanya kemudahan dalam mengurus ijin usaha, pemerintah juga memfasilitasi pinjaman modal usaha agar debitur bisa mendapatkan dana dengan cepat dan aman.

Bagi Anda yang ingin mendirikan sebuah bisnis dalam bidang apapun, modal menjadi salah satu faktor kunci agar usaha yang Anda rintis bisa berkembang dengan baik.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan pinjaman modal? Dan persyaratan apa saja yang perlu dipersiapkan?

Mudah tidaknya mendapatkan dana untuk modal usaha dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya pilihan produk perbankan.

Ada yang memberikan syarat mudah, dan ada juga yang syaratnya cukup rumit namun berani memberikan pinjaman dalam jumlah besar.

Selain itu kelengkapan dokumen juga memudahkan Anda mendapatkan kredit modal usaha.

Jadi sebelum memasukkan aplikasi, pastikan persyaratan yang dibutuhkan sudah lengkap agar pengajuan bisa segera diproses.

Dan yang tak kalah pentingnya adalah riwayat kredit. Jika Anda memiliki pinjaman di instansi perbankan atau keuangan lainnya dan belum selesai, sebaiknya segera lunasi.

Pihak Bank tidak akan memberikan pinjaman jika riwayat kredit Anda bermasalah.

Dimanakah Pinjaman Modal Usaha bisa Didapatkan?

Mencari pinjaman modal usaha sebenarnya sangat mudah, karena pihak perbankan juga gencar menawarkan berbagai macam produk dengan syarat yang ringan.

Jadi tinggal datang saja ke bank, dan apply kredit usaha yang sesuai dengan keinginan Anda. Masalah yang sering dihadapi oleh debitur saat ini adalah sempitnya waktu yang dimiliki sehingga tidak bisa mengurus pengajuan ke bank.

Padahal kredit tersebut membutuhkan proses yang tidak sebentar. Bila tidak segera diajukan, maka dana tidak bisa dicairkan sesegera mungkin.

Namun kini, industri financial technologi di Indonesia mulai populer dan jumlahnya cukup banyak.

Anda bisa memanfaatkan platform tersebut untuk mengajukan pinjaman online.

Jadi tidak perlu datang ke bank, cukup pilih produk yang sesuai, isi formulir, lalu lengkapi persyaratan yang diperlukan. Tidak butuh waktu lama hasilnya bisa segera diketahui apakah aplikasi Anda diterima atau ditolak.

Jenis Pinjaman Modal Usaha dan Kelebihannya

Secara umum, jenis pinjaman modal usaha yang bisa Anda apply dibagi menjadi dua. Masing-masing memiliki kelebihan tersendiri.

Sesuaikan saja dengan kemampuan dan kebutuhan Anda. Saat meminjam, perhitungkan juga kondisi finansial, apakah mampu mengembalikan pinjaman tepat waktu atau tidak.

Untuk mengetahui jenis kredit untuk modal usaha yang ada saat ini, berikut ulasan singkatnya.

  1. Kredit dengan agunan

Bagi Anda yang sedang cari pinjaman modal untuk keperluan usaha, produk ini bisa dipertimbangkan.

Kelebihan dari pinjaman dana ini adalah jumlah plafon yang cukup besar, Beberapa bank bahkan memberikan penawaran pinjaman 500 juta hingga 1 milyar.

Sementara kekurangannya adalah mensyaratkan jaminan seperti sertifikat tanah, rumah, maupun bangunan, BPKB, perhiasan, dan barang berharga lainnya.

Selain itu proses pencairan cukup lama menunggu verifikasi dari pihak bank.

  1. Kredit Tanpa Agunan

Pinjaman modal usaha tanpa jaminan sering disebut sebagai KTA.

Kelebihan yang ditawarkan adalah Anda bisa mendapatkan pinjaman tanpa jaminan.

Namun jumlah plafonnya sangat terbatas tidak lebih besar dari pinjaman dengan jaminan.

Tenor atau jangka waktu pengembalian juga singkat. Dan yang perlu Anda ketahui, bunga yang dibebankan dibandingkan dengan pinjaman lain terhitung agak besar nilainya.

Sebab itulah, bijaklah dalam menggunakan pinjaman modal usaha secara online maupun dari bank, sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan.

Persyaratan Mengajukan Pinjaman Modal Usaha

Tidak hanya pihak bank saja yang menawarkan pinjaman usaha kecil tanpa agunan.

Ada banyak instansi keuangan lainnya yang juga berperan sebagai pemberi modal usaha tanpa jaminan dengan persyaratan yang tidak ribet.

Jika Anda ingin mengajukan kredit untuk usaha, ada beberapa persyaratan yang harus diketahui. Beberapa diantaranya adalah:

  1. WNI berusia minimal 21 tahun
  2. Memiliki usaha yang minimal sudah berjalan selama 2 tahun
  3. Tidak memiliki riwayat kredit yang buruk
  4. Melengkapi dokumen yang dipersyaratkan, antara lain:
  • KTP dan KK
  • Akta Menikah jika sudah menikah
  • NPWP dan SPT
  • Rekening tabungan selama 3 bulan terakhir
  • Surat pendirian usaha berupa SIUP dan TDP
  • Laporan transaksi keuangan
  • Dokumen rencana investasi

Persyaratan peminjaman modal usaha di atas hanya gambaran umumnya saja. Beberapa produk kredit memiliki persyaratan yang spesifik, jadi baca dulu dengan baik-baik sebelum mengirimkan aplikasi pinjaman untuk bisnis dan usaha.

Tahapan Mengajukan Pinjaman Modal Usaha

Mengajukan pinjaman modal usaha sebenarnya sangat mudah asalkan Anda tahu tahapannya.

Tidak sedikit debitur yang ditolak aplikasinya, tapi banyak juga yang diterima. Intinya adalah persiapkan semua persyaratan yang diperlukan agar persetujuan bisa segera diberikan.

Adapun tahapan mengajukan permohonan modal usaha adalah:

  1. Pastikan bisnis yang Anda miliki adalah usaha yang masih produktif. Contoh bisnis produktif adalah toko pakaian, restauran, dan lain-lain.
  2. Persiapkan dokumen yang diperlukan sebagai persyaratan utama seperti KTP, Izin Usaha, data penghasilan, dan lain-lain.
  3. Pilih penyedia kredit yang sesuai dengan keinginan Anda. Bisa melalui bank atau platform finansial seperti pinjaman online. Pastikan produk yang dipilih memberikan keuntungan bagi Anda, misalnya syarat mudah, bunga rendah, plafon tinggi, dan lain-lain.
  4. Setelah memilih produk yang sesuai, ikuti saja prosedurnya seperti mengisi formulir dengan lengkap, mengunggah dokumen persyaratan. Bisa juga dengan mengirimkan aplikasi dan dokumen tersebut langsung ke bank.
  5. Tunggu proses verifikasi yang dilakukan oleh bank. Survey bisa melalui telepon atau datang langsung ke rumah Anda. Jika ada data yang tidak sesuai, maka aplikasi yang Anda ajukan bisa saja ditolak.

Jadi cari modal usaha sebenarnya susah-susah gampang.

Bagi Anda yang riwayat kreditnya masih bersih dan butuh pinjaman modal, ajukan aplikasi saja baik via online atau langsung ke bank.

Dijamin peluang disetujui cukup besar jika dokumen persyaratan yang Anda berikan lengkap.

Keuntungan dan Kekurangan Menggunakan Pinjaman Modal Usaha

Saat ini cari modal usaha jadi semakin mudah dengan adanya platform finansial berbasis teknologi.

Tinggal kirim saja aplikasi secara online, lalu tunggu verifikasi yang dilakukan oleh pihak bank.

Banyak keuntungan yang dimiliki oleh produk perbankan tersebut, beberapa diantaranya adalah:

  1. Membantu memberikan pinjaman dengan syarat mudah. Beberapa produk bahkan tidak mensyaratkan jaminan sama sekali.
  2. Aplikasi bisa dikirimkan secara online
  3. Pilihan plafon dan tenor yang fleksibel.

Dibalik keuntungan yang diberikan ternyata produk tersebut juga memiliki kekurangan yaitu beban bagi peminjamnya karena harus mengembalikan dana kredit tepat waktu dan jumlahnya cukup besar sebab dikenai bunga sesuai dengan ketentuan.

Pinjaman modal usaha menjadi solusi tepat bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis.

Pahami cara pengajuannya dan lampirkan persyaratan dengan lengkap. Bandingkan dulu produk kredit yang satu dengan lainnya agar Anda bisa mendapatkan dana dengan mudah serta bunga yang ringan.

Jangan lupa kembalikan dana tersebut tepat waktu supaya Anda tidak dikenai denda keterlambatan yang akan membuat tagihan semakin membengkak.