Pinjaman Koperasi

Tata Cara Pinjaman Koperasi

Salah satu lembaga peminjaman uang yang sering dipilih oleh masyarakat sebagai tempat mendapatkan pinjaman dana cepat adalah koperasi. Pinjaman koperasi terbilang cepat, mudah dan pastinya aman. Untuk bisa melakukan pinjaman koperasi, terlebih dahulu kita harus tergabung sebagai anggota dari koperasi tersebut. Umumnya, pinjaman yang berasal dari koperasi memang hanya ditujukan bagi anggota saja. Beberapa koperasi juga mensyaratkan keanggotaan tetap atau anggota yang telah bergabung selama beberapa lama. Ada pula koperasi yang memberikan pinjaman pada non anggota, namun dengan nominal yang jauh lebih kecil. Kita bisa memanfaatkan pinjaman ini apabila sudah tergabung sebagai anggota koperasi tertentu.

Koperasi pinjam uang tanpa jaminan tentu adalah solusi yang banyak disukai. Alasan utamanya adalah kita tak perlu memberikan barang jaminan dalam bentuk apapun, seperti kendaraan, perhiasan emas sampai dengan surat-surat berharga. Tidak adanya barang jaminan ini akan membuat kita dapat meminjam dana secara lebih nyaman dan tenang. Tak perlu khawatir pada resiko barang jaminan disita oleh pihak koperasi apabila kita tak dapat melunasi pinjaman sesuai waktu yang ditetapkan. Dokumen yang dibutuhkan dalam peminjaman tanpa jaminan ini juga umumnya lebih sederhana, yaitu cukup dengan menyerahkan fotokopi KTP serta sejumlah berkas lain.

Cara pinjam uang di koperasi online kurang lebih sama seperti cara meminjam uang di lembaga peminjaman lain, seperti bank atau lembaga online.

  • Kita harus mengajukan pinjaman terlebih dahulu dengan melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan.
  • Setelah aplikasi pengajuan pinjaman diserahkan, tunggu hingga pihak koperasi memberikan persetujuan mengenai pengajuan pinjaman tersebut.
  • Apabila pengajuan pinjaman disetujui, maka kita akan langsung mendapat dana cair sejumlah yang diinginkan.

Namun jika pengajuan pinjaman ditolak, maka hal ini bisa terjadi karena beberapa hal. Seringkali pengajuan pinjaman akan ditolak apabila sebelumnya kita pernah terlibat kredit macet atau memiliki track record buruk terkait peminjaman dana di koperasi tersebut.

Supaya bisa lancar mendapat dana melalui koperasi pinjaman uang, kita harus pastikan bahwa kita memiliki track record yang baik sebelumnya di koperasi tersebut. Selalu lunasi cicilan per bulan secara tepat waktu dan tidak melebihi batas yang ditetapkan.

Baca Juga: Solusi Cepat Apabila Butuh Uang Secara Mendesak

Hal ini akan sangat berpengaruh apabila kita hendak mengajukan pinjaman untuk yang kedua kalinya. Track record yang baik akan mempermudah pinjaman lain di kemudian hari, sementara track record yang buruk sudah pasti akan membuat aplikasi pengajuan pinjaman ditolak. Selain itu, lunasi terlebih dahulu semua kredit macet yang masih ada sebelum mengajukan pinjaman lain. Hal ini penting selain untuk memberi kesan baik serta membuat kita tak keteteran saat harus melunasi dua pinjaman berbeda.

Koperasi pinjaman memang bisa jadi tempat yang tepat untuk meminjam uang apabila kita memang telah tercatat sebagai anggotanya. Namun jika kita tak tergabung sebagai anggota dalam koperasi mana pun, maka tak perlu bingung saat hendak mengajukan pinjaman dana. Masih ada lembaga peminjaman dana lainnya yang bisa kita manfaatkan. Di antaranya adalah bank, pegadaian hingga lembaga peminjaman online.

Lembaga online seperti Monily.id ini bahkan kini sudah banyak dipilih karena kepraktisan serta kecepatannya dalam mencairkan dana. Persyaratannya mudah karena kita cukup memberikan fotokopi KTP saja. Sementara untuk besaran dana pun bervariasi mulai dari 1 hingga 5 juta Rupiah. Kita bisa mengajukan pinjaman secara online ini terutama untuk kebutuhan-kebutuhan yang sifatnya mendesak.