Pengertian Koperasi

Pengertian Koperasi, Jenis, dan Keuntungannya

Pengertian Koperasi, Ada banyak jenis badan usaha yang diperbolehkan berdiri di Indonesia dan dapat mengantongi izin. Salah satu diantaranya adalah koperasi. Koperasi adalah sebuah badan usaha unik yang menjadi ciri khas perekonomian bangsa. Koperasi menjadi salah satu peningkat kesejahteraan dan perekonomian masyarakat baik di pedesaan maupun di perkotaan.

Sebenarnya, apa pengertian koperasi? Koperasi menjadi salah satu bahasan yang sangat penting karena koperasi adalah salah satu badan usaha yang memiliki sistem atau dasar kerakyatan. Bagi Anda yang mengerti apa arti koperasi yang sebenarnya, Anda tentunya akan sangat mendukung bergeraknya suatu badan usaha dalam bentuk koperasi karena sangat mengutamakan kesejahteraan anggota yang tergabung di dalamnya.

Apa yang dimaksud dengan koperasi?

Koperasi adalah suatu organisasi yang bergerak di bidang ekonomi yang cara pengoperasiannya dilakukan oleh banyak orang untuk mencapai kepentingan bersama. Dari definisi koperasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa koperasi bukan merupakan badan usaha yang bergerak atau dipimpin oleh perseorangan untuk mencapai keuntungan perseorangan semata, tetapi lebih kepada peningkatan kesejahteraan bersama antara mereka yang tergabung dalam kelompok tersebut.

Ekonomi rakyat menjadi konsep koperasi yang dijalankan. Asas atau dasar kekeluargaan adalah dasar dari pembentukan organisasi yang bergerak di bidang ekonomi ini. Prinsip yang ditanamkan dalam koperasi adalah keanggotaan yang memiliki sifat sukarela dan terbuka, cara pengelolaan demokratis, adanya kebebasan serta otonomi, partisipasi anggota adalah hal yang sangat penting, serta adanya pengembangan informasi, pendidikan, dan pelatihan untuk mengembangkan pengetahuan para anggotanya.

Setelah mengetahui mengenai pengertian koprasi kini mari kita pelajari mengenai jenis koperasi yang ada di Indonesia. Ada banyak organisasi yang bersifat ekonomi yang menganut konsep atau dasar koperasi ini. Menurut fungsinya, kita dapat membagi koperasi sebagai berikut.

  1. Koperasi penjualan yaitu koperasi yang menjadi fungsi distribusi atau penyalur dari produk para anggotanya. Misalnya koperasi susu.
  2. Koperasi pembelian atau pengadaan yaitu koperasi yang melayani pembelian aneka kebutuhan anggotanya.
  3. Koperasi produksi yaitu koperasi yang melakukan produksi atau membuat produk berupa jasa atau barang tertentu.
  4. Koperasi jasa yaitu koperasi yang menyediakan pelayanan jasa yang berguna bagi anggotanya. Misalnya koperasi simpan pinjam.

Selain berdasarkan fungsi, koperasi juga dapat dibagi berdasarkan status anggota dan luasan daerah yang dicakup. Koperasi dapat menjadi suatu badan usaha yang memiliki prospek berembang yang tinggi. Hal ini karena koperasi lebih unggul jika dilihat dari skala ekonomi. Gaya pengaturan yang kerakyatan dan demokratis membuat tiap keputusan diambil berdasarkan kesepakatan bersama sehingga tidak merugikan.

Baca Juga: Uang Baru dan Para Pahlawan di Dalamnya

Jika dijalankan dengan baik, koperasi dapat menjadi badan usaha yang dapat bertahan lama. Walaupun suara anggota merupakan keputusan tertinggi, namun, dalam menjalankan kerjanya, koperasi juga perlu pengurus yang menjadi wakil dari para anggota untuk menjalankan kegiatannya termasuk  mengurus segala bentuk urusan administrasi. Pengurus tentunya merupakan anggota dari koperasi. Jika koperasi masih membutuhkan tenaga ahli, anggota dapat mengangkat manager dari luar anggota jika perlu untuk membantu jalannya koperasi.

Nah, jika Anda ingin membuat perusahaan perseorangan, Anda bisa membuat usaha dengan bentuk badan usaha perorangan, misalnya CV, UD, PT dan sebagainya. Jika dalam pembuatannya Anda membutuhkan tambahan modal, Anda bisa menggunakan monily.id sebagai sumber pinjaman tanpa jaminan untuk modal usaha Anda. Anda bisa dengan mudah melakukan peminjaman uang sesuai kebutuhan. Proses pembentukan usaha pun semakin lancar dengan modal yang cukup bukan?