Mengajukan Pinjaman Uang

Tips Mengajukan Pinjaman Uang Tanpa Jaminan dan Syarat Apapun

Pinjaman uang tanpa jaminan dan syarat apapun dapat diajukan apabila kita memang tengah dalam kondisi membutuhkan dana secara mendesak. Banyak tempat penyedia pinjaman dana yang bisa kita pilih, mulai dari bank, pegadaian, koperasi, hingga meminjam pada saudara ataupun teman. Dari segala jenis produk pinjaman yang disediakan aneka lembaga, pinjaman tanpa jaminan biasanya akan jadi pilihan. Alasannya jelas, karena kita tak perlu menyerahkan barang jaminan dalam bentuk apapun. Persyaratannya juga lebih sederhana serta proses pencairan dananya bisa lebih cepat. Namun, tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengajukan pinjaman dana jenis ini.

Pinjaman uang tanpa jaminan dan syarat apapun memang terlihat menggiurkan dan pastinya menjanjikan kemudahan. Namun, masih ada sederet ketentuan di balik aneka kemudahan tersebut yang harus kita pahami. Pertama adalah bunga yang lebih besar. Sudah bukan rahasia lagi bahwa pinjaman tanpa jaminan di manapun, baik di bank maupun lembaga keuangan lain, akan dibebankan bunga yang lebih besar dibanding pinjaman konvensional yang mensyaratkan jaminan. Besaran bunga bahkan bisa mencapai 30 persen pada pinjaman online yang hanya mensyaratkan KTP. Bunga yang sangat besar ini tak lepas dari tak adanya barang jaminan yang diserahkan sehingga pihak pemberi pinjaman tentu harus meminimalisir kerugian yang mungkin diderita dengan membebankan bunga lebih tinggi.

Di samping bunga yang besar, pinjaman uang tanpa jaminan dan syarat apapun di Surabaya akan turut mensyaratkan tenor yang terbilang pendek. Jangka waktu pinjaman online biasanya hanya berada di kisaran satu bulan saja. Waktu yang teramat pendek ini akan dapat merugikan kita apabila kita tidak segera membayarnya, karena akan ada biaya keterlambatan yang dibebankan selain cicilan pembayaran. Bandingkan dengan pinjaman konvensional di bank yang memiliki tenor hingga beberapa tahun lamanya sehingga cicilan bisa dilunasi dalam jangka waktu panjang. Tenor yang singkat ini juga dikarenakan tak adanya barang jaminan yang diserahkan saat peminjaman dana.

Baca Juga: Solusi Butuh Dana Cepat Online

Di samping dua kelemahan utama di atas, pinjaman uang tanpa jaminan dan syarat apapun di Bandung tetap banyak diminati karena segudang kelebihannya. Di antaranya adalah persyaratan yang mudah, proses cepat serta plafon ringan yang memungkinkan kita mengajukan pinjaman untuk memenuhi kebutuhan mendesak dalam jumlah sedikit. Apalagi sekarang sudah ada pinjaman online yang membuat kita bisa mengajukan aplikasi peminjaman dana dengan lebih cepat dan mudah. Cukup berikan scan KTP saja maka dana akan cair dalam hitungan jam. Layanan ini bisa dengan mudah ditemukan karena sudah semakin banyak yang menyediakannya. Kita bisa mengajukan pinjaman dana untuk berbagai kebutuhan hanya dengan klik-klik di website saja.

Memperhatikan aneka kelemahan serta kelebihan dari pinjaman dana tanpa jaminan ini akan membuat kita mendapat dana yang dibutuhkan sesuai kegunaan tanpa ada rasa sesal di kemudian hari. Pahami betul syarat-syaratnya, ketentuan yang berlaku, kelebihan hingga kelemahan dari pinjaman dana yang diajukan. Jangan sampai kita terburu-buru mengajukan pinjaman hingga tak sempat memahami apa saja syarat dan ketentuan yang berlaku, lalu merasa dirugikan karena harus membayar pelunasan yang lebih tinggi dibanding jumlah yang dipinjam. Lakukan pinjaman dana jika memang benar-benar diperlukan dan untuk memenuhi aneka kebutuhan yang sifatnya produktif, seperti modal usaha. Hindari meminjam dana hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumtif karena dapat berujung pada menumpuknya hutang yang harus dilunasi.