Kredit Modal Kerja

Kredit Modal Kerja, Apa dan Bagaimana Caranya?

Bagi para wirausahawan baru, tahun pertama, kedua, dan ketiga merupakan masa-masa penting untuk pengembangan bisnisnya. Pada tahap ini, tak jarang pengusaha yang masih memiliki modal minim untuk mengembangkan usahanya. Alhasil, kredit modal kerja pun dijadikan pilihannya agar bisnis yang dijalankan bisa semakin berkembang. Apakah Anda termasuk seorang pelaku usaha yang tengah mengembangkan bisnis Anda? Jika ia, Anda perlu memahami beberapa hal penting terkait hal ini.

Sebelum memahami mekanisme kredit untuk modal kerja, Anda perlu memahami terlebih dahulu definisi modal kerja. Sesuai dengan namanya, modal kerja adalah modal atau investasi yang dilakukan pemilik perusahaan sebagai biaya operasional perusahaan yang perputarannya dalam jangka pendek (kurang dari satu tahun) melalui hasil penjualan.

Modal kerja dikelompokkan menjadi dua jenis. Jenis-jenis modal kerja tersebut, yaitu:

  • Modal kerja permanen

yaitu modal kerja yang wajib ada dalam perusahaan, agar dapat menjalankan kegiatan usaha.

  • Modal kerja variable

yaitu modal kerja yang jumlahnya kerapkali berubah sesuai dengan perubahan kegiatan usaha atau keadaan lain yang bisa mempengaruhi perusahaan.

Modal kerja inilah nanti yang akan digunakan para pelaku usaha untuk mengembangkan perusahaannya agar semakin besar. Nyatanya, tidak semua perusahaan atau pelaku usaha yang memiliki modal kerja yang cukup untuk mengembangkan perusahaannya menjadi lebih besar. Untuk itu, sebagian besar pelaku usaha yang memang tidak memiliki modal kerja yang cukup, tetapi memiliki semangat tinggi untuk mengembangkan usahanya, biasanya mereka akan melakukan kredit untuk modal kerja. Apa itu kredit modal kerja?

Kredit modal kerja adalah kredit yang ditujukan untuk perorangan atau sebuah badan usaha yang ingin mengembangkan usahanya. Syaratnya, para pelaku usaha ini sudah memiliki izin usaha dan usaha yang didirikannya sudah berjalan kurang lebih selama satu tahun. Selain syarat yang disebutkan, pelaku usaha belum diperbolehkan melakukan kredit untuk modal kerja.

Baca Juga: 4 Cara Melunasi Hutang dengan Cepat

Kredit untuk modal usaha memang memiliki fokus untuk mendukung kemajuan usaha dari para pelaku usaha dengan modal minim dan menengah agar mampu mengembangkan usahanya menjadi lebih besar. Hal ini tentunya meminimalisir tenggelamnya para pengusaha baru dalam dunia bisnis. Sebab, seringkali terjadi bisnis kecil lambat laun akan tenggelam karena tidak segera dikembangkan. Karenanya, kredit untuk modal usaha ini memberikan pinjaman dalam waktu cepat.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jangka waktu kredit untuk modal usaha adalah jangka pendek, hanya selama satu tahun. Dalam satu tahun tersebut, pencairannya hanya 70% dari total kebutuhan modal kerja yang diminta. Kadang, jaminan tambahan juga akan diikutsertakan, namun hal ini hanya terjadi apabila terkendala suatu hal atau benar-benar dibutuhkan.

Kredit untuk modal kerja semacam ini bisa Anda lakukan di Monily. Pinjaman Monily merupakan pinjaman uang online di Indonesia dan memungkinkan Anda untuk meminjam uang secara online, bukan bank. Dengan Monily, pengambilan kredit untuk modal usaha sangat mungkin dilakukan tanpa beban berat di kemudian hari.

Anda hanya perlu membuka situs Monily.id, kemudian tentukan jumlah uang yang akan dipinjam sesuai dengan kebutuhan modal kerja Anda. Jangan lupa untuk menentukan jangka waktu pelunasan dan jumlah uang pembayaran pertama. Kemudian, Anda hanya butuh sekitar 5 menit untuk melengkapi formulir yang wajib diisi untuk pengajuan pinjaman. Setelah formulir dilengkapi, Anda hanya perlu menunggu kurang dari 24 jam, uang pinjaman sudah masuk ke rekening Anda.