keuangan

Kiat Tentang Cara Mengelola Keuangan Selama COVID-19

Dalam masa krisis global akibat pandemi COVID-19 (SARI-COV-2) ini, mengatur keuangan merupakan salah satu prioritas yang tidak boleh dilupakan. Setiap harinya kondisi keuangan akan semakin memburuk, seiring dengan diberlakukannya karantina wilayah di beberapa tempat. Hal ini juga visa menyebabkan keterbatasan dalam memperoleh kebutuhan hidup. Namun betapapun sulitnya keadaan saat ini, kesehatan adalah prioritas utama yang harus kita jaga untuk menghentikan laju penyebaran virus ini.

Kiat tentang cara mengelola keuangan Anda selama pandemi COVID-19! Terapkan kiat-kiat ini ke keuangan Anda sekarang untuk menghemat uang!

Buat Anggaran

Hal pertama yang harus dipertanyakan adalah berapa banyak jumlah pendapatan yang harus dihasilkan untuk bulan ini atau minggu ini, dan apa-apa saja kebutuhan utama yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Kebutuhan utama yang harus dipenuhi adalah tempat tinggal. Kabar baik jika Anda telah memiliki rumah sendiri, karena itu berarti Anda terbebas dari biaya sewa ataupun cicilan. Namun bagi Anda yang masih menyewa rumah atau apartemen, atau sedang dalam kondisi membayar cicilan dan hipotek, maka inilah jenis pembayaran yang harus barada dalam urutan utama. Setelah pengeluaran utama ini terpenuhi, barulah Anda bisa lanjut memenuhi kebutuhan hidup lainnya seperti makanan, dan kebutuhan hidup lainnya.

Namun, seiring adanya kebijakan untuk isolasi diri dari pemerintah, pengeluaran sehari-hari pun menjadi berubah. Segala sesuatu yang kita butuhkan harus sudah tersedia di rumah. Untuk itu Anda harus memiliki persediaan makanan dan segala sesuatu yang dibutuhkan agar bisa menjalankan proses isolasi diri ini dengan maksimal. 

Hal ini terjadi karena selama proses isolasi, Anda tidak dibenarkan untuk mengadakan atau mengikuti kegiatan-kegiatan di luar rumah seperti mengikuti festival, menonton di bioskop, ataupun mengunjungi restoran. Ditambah lagi dengan sekolah diliburkan dan tempat penitipan anak ditutup. Tetapi ini adalah hal baik, karena dengan begitu tidak ada lagi biaya-biaya yang dikeluarkan untuk pembelian BBM, parkir, tiket, dan biaya-biaya harian lainnya.

Anda juga harus menunda sejenak semua aktifitas yang mengharuskan Anda  meninggalkan rumah dan membayar biaya keanggotaan, seperti tempat fitnes, klub-klub hobi, dan sejenisnya. Hubungi pihak-pihak terkait untuk mendiskusikan segala kemungkinan yang pilihan yang bisa disepakati.

Selanjutnya periksalah persediaan bahan makanan di rumah Anda. Pastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda selama masa isolasi diri. Jangan pergi ke toko jika tidak ada hal yang penting. Jika Anda melihat ada beberapa bahan yang tidak ada dan hampir habis, maka buat catatan dengan lengkap sebelum pergi berbelanja. Dengan begitu Anda terhindar dari membeli hal-hal yang tidak penting. Turunkan standar Anda dalam berbelanja. Dalam kondisi ini lebih baik memilih yang lebih murah dari pada yang bermerek.

Semua langkah-langkah terebut  di atas akan meningkatkan kondisi keuangan Anda selama krisis, asalkan Anda membuat anggaran dan menaati skemanya.

Hubungi Bank atau Kreditur Anda

Setelah melihat anggaran yang Anda miliki, Anda mengetahui bahwa Anda tidak bisa melakukan pembayaran angsuran bulanan tepat waktu, maka segera hubungi bank atau kreditur Anda.

Dalam kondisi ini, jiika Anda berterus terang, maka ada kemungkinan pihak bank atau kreditur akan mencoba membantu Anda mencarikan solusi berupa penundaan pembayaran atau bahkan membebaskan biaya tertentu. Hal ini bisa membantu Anda meringankan beban sejenak karena satu atau dua pembayaran akan berkurang dari daftar pengeluaran, setidaknya selama satu bulan.

Ajukan Penangguhan Hipotek

Hal yang sama berlaku dalam hal Hak Tanggungan Anda. Hubungi bank Anda atau buka situs mereka untuk mencari tahu apakah mereka memiliki opsi kebijakan Penangguhan Hipotek.

Apa itu penangguhan hipotek?

Penangguhan hipotek merupakan sebuah kebijakan yang diberikan kepada Anda untuk menghentikan pembayaran dalam periode waktu yang singkat. Namun, setelah masa penangguhan berakhir, dan proses pembayaran dimulai kembali, maka nasabah harus membayar kembali semua jumlah yang ditangguhkan berikut dengan bunganya. Tapi hal ini seharusnya bukan masalah, karena ini merupakan solusi terbaik jika Anda tidak bisa memenuhi pembayaran hak tanggungan Anda tepat waktu.

Jangan Cemaskan Peringkat Kredit

Jangan cemaskan peringkat kredit Anda jika Anda sudah menghubungi pihak bank atau kreditur.  Semakin cepat Anda memberitahu mereka situasi keuangan Anda , dalam pandangan mereka Anda adalah nasabah kredit dan hipotek yang bertanggung jawab dalam melakukan pembayaran. Di masa mendatang, ketika Anda mengajukan sejumlah pinjaman, Anda tetap akan mendapatkan penilaian positif, meskipun peringkat kredit Anda turun karena situasi yang mempengaruhi seluruh dunia. Jadi tidak perlu cemas tentang peringkat rangking ini, tetapi beritahukan pihak terkait tentang situasi keuangan Anda sebelumnya jika perlu.

Pinjam Online

Jika situasi keuangan Anda tidak lagi baik, dan Anda tidak tahu lagi kapan akan memperoleh gaji atau pendapatan, maka pinjaman online mungkin bukanlah pilihan yang benar saat ini. Meminjam uang secara online harus menjadi pilihan terakhir demi stabilitas keuangan Anda. Ajukanlah pinjaman jika memang Anda sudah tidak memiliki cara yang lain. Monily akan mencoba membantu memberi solusi dengan layanan terbaiknya. Namun, kami tidak akan menyarankan Anda untuk meminjam jika hal itu akan menyebabkan keuangan Anda semakin memburuk di masa depan.

Itulah 5 tips mengatur keuangan yang bisa Anda terapkan selama pandemi COVID-19 ini. Semoga tips ini bisa membantu memberikan wawasan tentang apa yang harus dilakukan di saat Anda mengalami jalan buntu dalam hal keuangan.