Tips Jitu Menghemat Budget Saat Liburan Tahun Baru 2018

Liburan menjadi salah satu aktivitas seru yang diitunggu-tunggu, terutama liburan tahun baru. bagaimana tidak, biasanya liburan ini berbarengan dengan libur natal jadi Anda bisa mendapatkan hari libur yang  cukup panjang. Bagi Anda pekerja kantoran yang disibukkan dengan banyak urusan kerja yang menyita tidak hanya tenaga tetapi juga pikiran, pastinya butuh sesuatu untuk merefreshing otak agar segar kembali. Nah, Liburan menjadi cara terampuh sebagai solusi bagi problem yang sedang Anda hadapi. Tinggalkan segala penat di rumah dan kantor lalu pergilah berlibur ke tempat yang Anda sukai baik bersama teman, keluarga, ataupun pasangan.

Salah satu hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum pergi berlibur adalah perencanaan mengenai tempat wisata yang akan dituju dan juga budget. Tanpa perencanaan yang matang bisa jadi liburan Anda akan gagal dan tujuan untuk refreshing tidak akan tercapai. Problem yang ada saat ini adalah banyak orang yang berlibur dan pada akhirnya malahan over budget karena tidak mampu menahan diri. Pastinya Anda tidak mau kan hasil kerja keras selama setahun akan habis seketika hanya untuk memuaskan hasrat berlibur dan membeli sesuatu yang tidak penting. Jika tidak ingin kejadian malang itu terjadi pada, silahkan ikuti beberapa Monily tips yang akan dibahas di bawah ini.

Tips Jitu Menghemat Budget Saat Liburan Tahun Baru 2018

Tips Menghemat Budget Saat Liburan

Semurah apapun liburan yang Anda rencanakan pastinya juga butuh anggaran yang harus Anda susun sebelumnya. Anggaran ini juga sangat bergantung pada jauh dekatnya lokasi berlibur yang Anda pilih dan juga banyaknya teman atau anggota keluarga yang ikut. Namun masalah yang timbul kini adalah sulitnya mengontrol keinginan berbelanja sehingga liburan jadi sangat over budget. Jika Anda tidak ingin masalah itu terjadi, lakukan beberapa tips hemat berlibur dibawah ini

1. Bawa Uang Secukupnya

Cara paling jitu agar Anda tidak boros saat berlibur adalah dengan membawa uang secukupnya dan jika perlu tinggalkan kartu kredit, ATM, dan kartu belanja yang Anda miliki. Karena itulah perencanaan anggaran yang Anda susun harus sesuai, tepat, dan tidak ada yang terlewatkan. Membeli oleh-oleh memang penting tapi Anda harus pastikan bahwa jumlahnya sudah pas sehingga tidak ada yang mubazir. Kalau Anda takut terjadi apa-apa saat berlibur, tidak ada salahnya melebihkan sedikit uang anggaran berlibur agar Anda tetap merasa aman dan tidak was-was karena takut kehabisan uang.

2. Ajak Teman Berlibur yang Asyik

Teman berlibur yang asyik yaitu teman yang bisa diajak berhemat saat liburan. Karena over budget jika bisa dipengaruhi oleh orang lain yang sedang berlibur bersama Anda. Bisa saja Anda sudah memiliki rencana untuk membeli oleh-oleh yang sesuai dengan rencana, namun karena teman yang Anda ajak suka belanja akhirnya Anda bisa terpengaruh dan membeli barang di luar rencana yang sudah Anda susun. Lain halnya jika teman Anda tahu cara berlibur yang hemat dengan cara memberitahukan tempat belanja oleh-oleh yang murah. Dengan begitu bisa jadi liburan Anda akan jauh lebih hemat dan budget Anda masih bisa digunakan untuk keperluan lain yang lebih penting

3. Buat Daftar Belanjaan

Sebelum Anda memutuskan untuk berlibur, tidak ada salahnya mencari tahu mengenai oleh-oleh khas yang ada di daerah tersebut. Sehingga Anda bisa menyusun daftar oleh-oleh apa saja yang ingin Anda beli. Pastikan Anda hanya membeli barang yang hanya bisa Anda dapatkan di tempat itu. Karena jika souvenir tersebut bisa Anda beli di sekitar Anda dengan harga yang lebih murah, buat apa Anda jauh-jauh pergi membeli barang tersebut. Jumlah souvenir atau oleh-oleh yang akan Anda beli pun harus Anda perhatikan. Siapa saja yang akan Anda beri dan pikirkan apakah oleh-oleh tersebut berguna atau tidak. Banyak orang yang kebiasaan membeli barang yang pada akhirnya hanya dijadikan sebagai tumpukan pajangan yang malah membuat rumah terlihat berantakan.

4. Perhatikan Kebutuhan Anda yang Lain

Setelah liburan tahun baru selesai, pastinya Anda akan kembali ke rutinitas awal. Jadi pastikan modal berlibur Anda tidak membuat uang Anda habis hanya beberapa hari saja. Ingat, masih banyak keperluan yang mesti Anda penuhi. Jika Anda berpikiran begitu saat akan berbelanja di tempat liburan, pastinya Anda akan mengurungkan niat untuk membeli barang dan lebih memilih menyimpan uang tersebut untuk membeli barang penting dan juga urusan lainnya. Boleh saja Anda membeli souvenir khas daerah wisata namun jangan sampai kebablasan dalam membeli. Liburan seru tidak harus banyak menghabiskan dana, jika Anda pintar dalam mengelola keuangan maka Anda bisa menikmati liburan dengan budget yang cukup rendah

5. Mencari Promo Liburan

Tips terakhir untuk bisa menghemat budget saat liburan adalah dengan mencari promo liburan yang murah. Saat mendekati masa liburan, biasanya banyak agen perjalanan yang memberikan harga tiket yang murah. Anda bisa memanfaatkan ini sehingga anggaran transportasi bisa lebih hemat. Jika Anda ingin menginap, sebaiknya lakukan pemesanan jauh-jauh hari dengan menggunakan jasa layanan pemesanan secara online. Ini akan lebih murah dan Anda juga bisa mendapatkan potongan harga yang cukup lumayan besar jumlahnya.

Dengan beberapa tips hemat berlibur yang sudah disebutkan di atas, semoga bisa memberikan sedikit manfaat kepada Anda mengenai cara terbaik untuk menghemat budget liburan baik bersama teman, keluarga, maupun pasangan. Rencanakan liburan Anda dengan baik agar Anda bisa menikmati liburan tahun baru dengan seru dan mengasyikkan.