Cara Melunasi Hutang

4 Cara Melunasi Hutang dengan Cepat

Memiliki hutang merupakan salah satu hal yang paling tidak menyenangkan. Perasaan gelisah, takut, hingga stress bahkan dapat kapan saja melanda. Berbagai cara melunasi hutang dilakukan agar terlepas dari jeratan. Terlebih lagi, jika aset yang kita miliki lebih sedikit dari jumlah hutang. Apakah Anda orang yang demikian?

Sejatinya, hutang bukanlah suatu hal yang langka. Banyak orang yang terpaksa harus berhutang karena keperluan tertentu atau memang penghasilan yang didapat tidak sesuai dengan biaya untuk kebutuhan sehari-hari yang harus dikeluarkan. Karenanya hutang dibedakan menjadi dua jenis, yaitu hutang produktif dan hutang konsumtif. Hutang produktif, yaitu apabila Anda berhutang untuk pembiayaan kegiatan tertentu yang mendapatkan manfaat finansial secara langsung, seperti untuk modal usaha. Sedangkan, hutang konsumtif adalah hutang yang digunakan untuk kegiatan konsumsi, misalnya untuk liburan.

Apapun jenisnya, tak jarang seseorang terjerat dalam lingkaran hutang yang tak kunjung usai. Biasanya kalau sudah begini, pasti akan sulit untuk melunasi hutang. Karenanya, kali ini kami akan memberikan 5 tips cara cepat melunasi hutang Anda agar mengurangi, paling tidak sedikit beban Anda.

  1. Membuat daftar hutang

Sebelum melunasi hutang, Anda harus terlebih dulu membuat daftar hutang. Daftar dibuat sesuai dengan prioritas. Mana yang harus di bayar lebih awal, dituliskan pada urutan paling atas. Jangan lupa tuliskan suku bunga, jika ada.

  1. Berhenti menggunakan kartu kredit

Untuk menghindari dari berhutang kembali di kemudian hari, sebaiknya setelah Anda bayar hutang di masa lalu, hindari penggunaan kembali kartu kredit. Untuk yang satu ini Anda perlu sedikit tegas dengan diri Anda sendiri. Di samping menghemat pengeluaran, setidaknya meminimalisir kebiasaan berbelanja barang-barang yang tidak perlu secara berlebihan. Hal ini tentu bisa menjadi cara yang cukup ampuh.

  1. Mencari penghasilan tambahan

Solusi lainnya agar Anda dapat melunasi hutang dengan cepat, Anda bisa mulai mencari penghasilan tambahan jika penghasilan Anda kurang memadai untuk melunasi semua hutang Anda. Seperti misalnya, menjadi freelance writer atau apapun yang bisa dilakukan dengan waktu yang fleksibel. Bisa juga dengan mencoba usaha sampingan tanpa modal, seperti menjadi dropshipper.

  1. Hemat dan mulailah rajin menabung

Sadar memiliki tanggungan, penghasilan yang Anda hasilkan setiap bulannya hendaknya dihemat-hemat. Keluarkanlah uang hanya untuk sesuatu yang Anda butuhkan. Penghasilan dari usaha sampingan Anda juga hendaknya lekas ditabung agar tidak keluar untuk hal-hal yang sifatnya tidak terlalu penting. Dari keuntungan usaha sampingan ini, bisa Anda gunakan khusus untuk membayar hutang.

Baca Juga: Pinjaman Uang Teman Alternatif Kebutuhan Sehari-Hari

Tips melunasi hutang tersebut tentunya tidak akan mungkin bisa dilakukan tanpa adanya niat yang kuat untuk melunasi hutang dari diri Anda sendiri. Karenanya, hal yang paling utama adalah bulatkan tekad Anda untuk melunasi semua hutang. Bila perlu, gunakanlah target pelunasan dan jangan sampai meleset. Setidaknya, target dapat menjadi pengingat Anda.

Jika Anda tak memiliki waktu lama dan harus segera melunasi semua hutang Anda, baiknya gunakan pinjaman online dari Monily yang dapat dengan segera meminjamkan uang untuk keperluan Anda. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu kunjungi laman Monily.id, kemudian tentukan jumlah uang yang ingin dipinjam. Setelahnya, pilih jangka waktu pelunasan sesuai dengan kemampuan Anda. Terakhir, tentukan jumlah uang pembayaran pertama. Setelah form pengajuan Anda lengkapi, uang pinjaman online akan segera masuk ke rekening Anda hanya dalam hitungan jam.