Bagaimana Cara Kartu Kredit Bekerja?

Stop! Bagaimana Cara Kartu Kredit Bekerja?

Dalam artikel kali ini marilah kita mengulas seluk beluk tentang penjelasan kartu kredit dan cara pakai kartu kredit.

Pertama-tama mari kita ketahui dulu penjelasan kartu kredit.

Kartu kredit adalah sebuah produk finansial yang ditawarkan dari bank untuk membantu Anda untuk melakukan transaksi dengan cara meminjam sejumlah uang untuk wakut yang singkat seperti kredit. Jika pengajuan kartu kredit Anda diteriman, maka Anda akan menerima sebuah kartu kredit dengan limit tertentu.

Kartu kredit memang merupakan suatu produk yang dapat meudahkan pengaturan keuuangan Anda atau bahkan bisa menjadi sebuha malapetaka bgai finansial Anda, tergantung dari bagaimana Anda menggunakannya.

Lalu bagaimana sistem penggunaan kartu kredit dan apa untung ruginya memiliki kartu kredit? Lewat artikel ini, maka Anda akan paham betul seluk beluk kartu kredit agar dapat menggunakannya dengan baik.

Jika Anda mempunyai kartu kredit, maka Anda dapat bertransaksi dengan memanfaatkan kredit dari pihka bank dengan jangka waktu serta limit tertentu. Limit tersebut akan ditentukan oleh pihak bank berdasarkan estimasi pihak bank terhadap kemampuan Anda untuk membayar tagihan.

Pada umumnya, jangka waktu yang akan diberikan pihak bank adalah satu bulan, jadi Anda harus membayar tagihan tersebut di akhir bulan. Masih banyak orang yang salah kaprah tentang kartu kredit dengan tidak memikirkan pembayarannya.

Disinilah yang sering sekali menjadi inti permasalahan kartu kredit. Kartu kredit adalah alat bantu untuk kredit dalam jangka pendek yang harus Anda bayar kemudian. Jadi, bukan pihak bank yang akan membayar transaksi Anda. Jika Anda tidak mampu untuk membayar tepat waktu, maka Anda pasti akan dikenakan denda atau biaya tambahan.

Secara umum, cara transaksi dengan kartu kredit adalah sebagai berikut

  1. Untuk dapat menggunakan kartu kredit Anda saat bertransaksi, maka Anda wajin menyerahkan kartu kredit kepada pihak penjual.
  2. Kemudian akan dilakukan proses validasi pada saat diinput atau digesek. Kartu kredit Anda akan ditolak jika Anda belum melakukan aktivasi pada kartu kredit, terlambat dalam melakukan pembayaran, melampaui limit kartu kredit, koneksi tempat penjual yang tidak bagus, dan adanya penahanan dana.
  3. Saat Anda sudah melakukan transaksi dengan lancar, maka tiap bulannya akan muncul semua tagihan yang mencakup keseluruhan transaksi Anda dalam bulan tersbut.
  4. Idealnya, Anda diharapkan untuk segera membayar tagihan Anda secara penuh sebelum tenggat waktu. Jika Anda telat membayar, maka Anda akan dikenakan denda sebagai akibat pembayaran yang terlambat.

Bagian terpenting yang harus dipahami oleh penggunan kartu kredit adalah Anda harus membayar tagihan Anda tepat waktu dan menghindari tingginya saldo kredit Anda. Jika Anda mematahui aturan tersebut, maka nilai sejarah kredit Anda akan baik.

Sejarah kredit ini akan menunjukan bagaimana Ada bertanggung jawab dalam finansial Anda. Jika Anda mempunyai sejarah kredit yang baik, maka Anda akan lebih mudah untuk meminjam uang atau melakukan kredit kepemilikan rumah atau kendaraan di kemudian hari.

Keuntungan Kartu Kredit

Anda harus bijak dan jangan kalap dalam menggunakan kartu kredit jika ingin mendapatkan keuntungan. Kelebihan dari kartu kredit adalah Anda tidak perlu membawa uang tunai, mudah dibawa, mudah digunakan, transaksi lebih aman dan terlindungi, memungkinkan Anda untuk transaksi sekarang dan membayar di kemudian hari, membantu Anda membangun sejarah kredit, dan adanya potongan harga atau bonus tambahan.

Kerugian Kartu Kredit

Kartu kredit pun juga mempunyai kerugian yang dapat membahayakan keuangan Anda jika tidak digunakan dengan bijak. Jika Anda tidak menggunakan kartu kredit dengan cerdas maka Anda tidak akan mampu membayar tagihan.

Anda juga akan dikenakan bunga tinggi jika tidak sanggup membayar tagihan kartu kredit tepat waktu dan bunganya tidak sedikit. Kerugian yang paling parah adalah terjebak hutang jika Anda melewatkan pembayaran tagihan Anda berulang-ulang karena dendanya juga menumpuk.

Kartu kredit dapat bermanfaat dan justru menguntungkan Anda jika Anda bisa menggunakannya dengan bijak dan cerdas. Jangan pernah menggunakan kartu kredit di luar batas kemampuan Anda untuk menghindari Anda dari jeratan hutang. Anda tidak perlu takut untuk menggunakan akrtu kredit karena jika Anda menggunakannya dengan benar, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan.

  1. Konsolidasi tagihan

Anda dapat memanfaatkan fitur kartu kredit untuk membayar berbagai tagihan seperti tagihan listrik, air, telpon, internet, tv kabel, bahkan cicilan kendaraan. Kartu kredit Anda dapat membayar semua tagihan bulanan Anda.

  1. Mendapatkan diskon

Cara kerja kartu kredit BCA adalah dengan bekerja sama dengan berbagai pihak seperti supermarket, berbagai brand fashion, bahkan restoran. Jika Anda mempunyai kartu kredit dari Bank BCA atau bank lain yang bekerjasama dengan banyak pihak maka Anda akan mendapatkan potongan diskon, terkadang diskonya pun gila-gilaan.

  1. Memanfaatkan Cicilan 0 Persen

Sistem kartu kredit Bank BCA dan bank lainnya juga terdapat fasilitas cicilan 0 persen yang bisa Anda manfaatkan untuk kredit barang-barang yang cukup mahal seperti laptop, motor, atau furniture.

Demikian penjelasan singkat dan jelas tentang kartu kredit. Anda pun bisa kredit tanpa kartu kredit, lho.