Saat Butuh Dana Cepat

5 Cara Alternatif yang Bisa Dilakukan Saat Butuh Dana Cepat

Hidup memang sulit ditebak. Tak jarang Anda butuh dana cepat untuk beberapa kebutuhan mendadak dan tak terduga. Ingin mengambil kredit pada lembaga keuangan/bank, namun banyak bank justru membutuhkan beberapa proses yang harus dilengkapi dan cenderung memakan waktu lebih dari satu hari, belum lagi jika berkas-berkas kurang lengkap. Bukannya mengurangi beban, hal ini justru malah semakin menambah beban pikiran Anda.

Jika situasi ini terjadi pada Anda yang mengharuskan Anda memiliki dana cepat, Anda tentu harus mempertimbangkan solusi yang tepat. Sebetulnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Beberapa cara ini mungkin tergolong mudah dilaksanakan. Lantas apa sajakah cara yang bisa dilakukan? Simak ulasan berikut.

  1. Menggadaikan barang

Cara ini cukup umum dilakukan oleh orang yang butuh dana secara cepat. Jika Anda memiliki barang berharga, seperti emas, logam mulia, perhiasan, atau barang elektronik, Anda bisa menggadaikan barang-barang ini kepada lembaga atau orang yang terpercaya. Jangan lupa untuk selalu membuat perjanjian hitam di atas putih untuk hal-hal semacam ini. Karena jika tidak, barnag Anda bisa saja disalahgunakan. Akan lebih baik lagi jika barang-barang tersebut memiliki srat-surat lengkap. Sebab, ini akan menaikkan harga barang.

  1. Mengajar les privat

Jika Anda memiliki keahlian dalam suatu bidang, misalnya mata pelajaran tertentu atau keahlian komputer, dan lain sebagainya, ada baiknya gunakan keahlian tersebut untuk menghasilkan uang. Pastikan keahlian tersebut diimbangi dengan kemampuan mengajar yang baik agar kesan Anda menjadi baik di depan murid les privat Anda. Kesan yang baik tentu akan menghasilkan output yang baik pula. Mungkin saja Anda akan direkomendasikan ke orang lain, sehingga Anda bisa mengajar les privat lebih dari satu pintu. Dibandingkan dengan bekerja, biasanya mengajar les privat menghasilkan uang lebih cepat, sebab Anda bisa meminta pembayaran dilakukan secara mingguan atau harian.

  1. Menjual aset dengan harga miring

Jika Anda memiliki aset berharga dan butuh uang cepat, Anda bisa menjualnya dengan harga miring. Misalnya, baju-baju, sepatu, atau tas bermerek Anda yang bisa dijual untuk menghasilkan dana secara cepat. Bahkan, jika Anda butuh dana besar dan memiliki aset besar berupa tanah, mobil, rumah, dan sebagainya, Anda bisa menjualnya dengan harga yang miring agar laku lebih cepat.

  1. Melakukan pinjaman ke koperasi/organisasi

Jika Anda merupakan seorang karyawan pada suatu perusahaan, Anda bisa memanfaatkan fasilitas koperasi perusahaan untuk pinjaman dana cepat. Koperasi simpan pinjam perusahaan memang merupakan fasilitas yang disediakan perusahaan untuk para karyawannya. Perusahaan biasanya menentukan syarat yang cenderung mudah dipenuhi dengan pencairan yang cepat, meski lebih dari sehari.

Baca Juga: Kredit Modal Kerja, Apa dan Bagaimana Caranya?

  1. Melakukan pinjaman online

Cara lainnya yang dapat Anda lakukan jika butuh pinjaman secara cepat adalah dengan memanfaatkan fasilitas pinjaman online dari Monily. Monily merupakan penyedia layanan bebas pinjaman online bukan bank, bagi Anda yang butuh uang pinjaman secara cepat. Cara dan ketentuan yang harus dipenuhi cukup mudah. Semua dilakukan dengan mengakses laman www.Monily.id. Kemudian, tentukan jumlah uang pinjaman sesuai dengan kebutuhan Anda, tentukan jangka waktu pelunasannya, dan jumlah uang pembayaran pertama. Setelahnya, lengkapi formulir pengajuan yang hanya memakan waktu 5 menit. Setelah semua lengkap, uang pinjaman yang Anda butuhkan akan segera masuk ke rekening Anda, hanya dalam kurun waktu kurang dari 24 jam.