Berkerja dari Rumah

5 Tips Cara Berkerja Dari Rumah Secara Efektif

Perkerjaan dan keuangan adalah topik paling panas yang memaksa ribuan perusahaan untuk menghentikan aktifitasnya untuk jangka waktu yang tidak ditentukan, seiring dengan mewabahnya virus COVID-19 ini. Dampaknya, banyak orang akan kehilangan perkerjaannya atau jika memungkinkan mereka dipaksa untuk berkerja dari rumah. 

Berikut ini adalah 5 tips jitu yang bisa Anda terapkan agar tetap bisa produktif saat berkerja dari rumah.

Disiplinkan Diri Anda

Jika sebelumnya Anda terbiasa menjalankan rutinitas yang padat di tempat kerja, kemudian Anda diharuskan berkerja dari rumah, maka Anda akan mendapati perbedaan yang sangat signifikan. Anda yang biasanya tertib dan rapi karena ada pimpinan yang mengawasi, begitu di rumah  akan menjadi santai dan cenderung lalai dengan perkerjaan. 

Apapun bentuk motivasi diri yang Anda ketahui, kunci sukses saat berkerja dari rumah adalah mendisiplinkan diri sendiri. Cobalah untuk menetapkan pikiran Anda pada sudut pandang orang-orang di sekitar Anda yang juga dalam situasi yang sama dengan Anda.  Anda akan mendapati betapa beruntungnya Anda bisa berkerja dari rumah. Tidak semua orang memiliki fasilitas mewah untuk menghasilkan uang dari rumah. Bersyukurlah bahwa Anda berada di posisi itu.

Rencanakan Jadwal Anda

Ketika secara mental Anda sudah siap untuk menghasilkan uang dari rumah, buatlah jadwal harian untuk hari kerja Anda. Pastikan Anda memulai hari kurang lebih sama dengan hari kerja biasanya. Tidak masalah jika Anda bangun 30 menit lebih lambat, anggap saja sebagai waktu perjalanan. Tapi, jangan sampai Anda baru bangun saat jam kerja dimulai. Jadi Anda tetap harus bangun, makan, dan memposisikan diri Anda sebagaimana hari kerja biasanya.

Sediakan waktu untuk istirahat makan siang, dengan catatan waktu istirahat makan tidak lebih lama dari biasanya. Berisitirahat itu penting untuk memulihkan pikiran Anda. Tetapi jangan beristirahat terlalu lama, karena akan membuat Anda merasa sulit untuk kembali menuntaskan sisa tugas hari itu. 

Persiapkan Ruang Kerja Anda

Sediakan ruang khusus untuk Anda berkerja dari rumah. Agar bisa produktif sebagian besar kita butuh berada dalam suasana kerja. 

Agar suasana kerja terbangun baik, lingkungan sekitar Anda juga harus dibentuk agar selalu bisa mengingatkan Anda akan tugas yang sedang dilakukan.

Itu bisa berupa:

  • Meja kerja

 Untuk membangun suasana kerja seperti kantor, maka sediakan sebuah meja khusus untuk berkerja. Letakkan segala sesuatu yang berhubungan dengan perkerjaan di atasnya, seperti laptop, buku catatan, dan lain-lain.

  • Ruang kerja

Bagi sebagian orang, berkerja pada ruang khusus yang terpisah bisa membuat mereka lebih fokus dalam berkerja. Jika memungkinkan, maka sediakan ruang khusus untuk Anda berkerja dari rumah. Dengan begitu hasil kerja Anda bisa jadi lebih maksimal.

Ketika bagi sebagian besar kita rumah merupakan sebuah tempat untuk bersantai dan bebas dari perkerjaan, namun hal-hal ini terpaksa harus Anda lakukan. Dampaknya mungkin akan membuat  Anda merasa asing di rumah sendiri. Tetapi yakinlah jika hal ini Anda lakukan, aktifitas berkerja dari rumah pasti bisa berjalan lancar.

Hindari Gangguan

Berbicara tentang gangguan, ada banyak hal yang bisa mengganggu konsetrasi dan fokus Anda dalam berkerja, salah satunya adalah handphone.  Anda harus menjauhkan diri dari handphone dan laptop jika keberadaannya justru membuat Anda ingin membuka media sosial, menonton video, main game dan aktifitas hiburan lainnya. 

Agar bisa produktif, jauhi hal-hal berikut ini:

  • Memeriksa media sosial.
  • Menonton film, drama, dan sejenisnya.
  • Mendengarkan musik.

Sebisa mungkin gunakanlah alat-alat elektronik hanya untuk tujuan perkerjaan.

Apalagi kebanyakan orang tidak bisa fokus jika dikelilingi oleh orang-orang berlalu lalang atau orang yang banyak bersuara di sekitarnya. Tidak semua orang juga yang memiliki ruang terpisah untuk berkerja. Namun kita semua bisa menggunakan headphone peredam kebisingan untuk mecegah suara-suara berlebih. Jauhkan meja kerja Anda dari orang-orang, dengan begitu selama berkerja fokus Anda tidak akan teralihkan. Penyesuaian kecil ini bisa membuat aktifitas berkerja dari rumah menjadi lebih mudah.

Bertanggung Jawab atas Tindakan Anda

Perlu Anda pahami bahwa produktifitas ataupun kualitas kerja Anda tergantung pada diri Anda sendiri. Dalam hal ini dibutuhkan tanggung jawab yang besar. Anda harus belajar menjadi bos atas diri sendiri dan mengendalikan bagaimana agar perkerjaan Anda berjalan teratur setiap hari. 

Cobalah beberapa hal yang bisa berhasil pada Anda. Pada awalnya, proses adaptasi dengan rutinitas baru ini akan memakan waktu. Namun, bukannya tidak mungkin jika Anda memberikan semua dedikasi Anda terhadap perubahan ini, maka Anda akan berhasil dalam waktu singkat. Disiplinkan diri Anda, dan Anda akan menjadi lebih kuat ketika dunia kembali berputar dalam kecepatan normalnya. 

Jika Anda tidak bisa berkerja dari rumah, kunjungilah blog kami untuk mengetahui bagaimana cara untuk berkerja online dari rumah. Kami menyediakan beberapa ide bisnis rumahan yang sangat bagus untuk Anda.